Jumat, 19 Juli 2019

Pinjaman Modal Usaha Bunga Ringan


Menjalankan usaha tentu tak akan mudah bila tanpa modal. Oleh karena itu, menemukan sumber-sumber pinjaman modal usaha bunga ringan jadi dambaan para pengusaha terutama yang berskala mikro, kecil dan menengah. Meski demikian, sebenarnya tidaklah mudah menemukan pemberi pinjaman modal dengan bunga yang tidak terlalu berat. 

Pasalnya ada beberapa alasan dan masing-masing sepenuhnya menjadi beban pikiran para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang menjalankan bisnis di berbagai bidang. Berikut ini beberapa alasan mengapa kebanyakan pengusaha UMKM sering mengeluhkan sulitnya mendapat pinjaman modal:

1. Suku Bunga Fluktuatif 


Tingkat suku bunga merupakan dasar utama bagi seseorang sebelum bergegas mengambil pinjaman. Seorang pengusaha tentu akan mempertimbangkan secara matang. Jangan sampai terjadi gagal bayar yang bisa mengganggu catatan kreditnya.

Karena kondisi suku bunga pinjaman yang diambil bersifat tetap atau fluktuatif, jadi dasar utama bagi para pengusaha berskala mikro dan menengah sebelum mengajukan pinjaman. 

2. Syarat dan Dokumen Pengajuan


Setiap lembaga keuangan apalagi yang berstatus perbankan biasanya mematok syarat serta kelengkapan dokumen pengajuan pinjaman tertentu pada calon debiturnya. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan administrasi dan menjadi prasyarat dasar yang harus dipenuhi. 

Bagi pengusaha UMKM, syarat dan dokumen pengajuan ini merupakan salah satu pertimbangan utama yang harus dipersiapkan dengan benar. Namun bila syarat dan dokumen pengajuan pinjaman modal belum mampu dipenuhi maka banyak pengusaha skala mikro dan menengah terpaksa harus menangguhkan kehendaknya untuk mencari pinjaman.

Dari kedua hal diatas bisa diketahui bahwa kemauan untuk memperbesar usaha dengan mengambil pinjaman dari bank atau lembaga finansial lainnya cukup besar bagi sebagian pelaku usaha kecil dan menengah. Hanya saja, kedua pertimbangan tadi sekaligus menjadi alasan mengapa banyak pelaku usaha kecil dan menengah mengurungkan niatnya.

Jadi Bagaimana Agar Pinjaman Modal Usaha Bisa Didapat?


Pinjaman apapun bentuknya harus disikapi sebagai beban finansial yang perlu mendapatkan perhatian tersendiri sejak pertama pencairan hingga memasuki masa pelunasan. Oleh karena itu, sebenarnya  tingkat suku bunga serta syarat dan dokumen pengajuan sebenarnya tak harus menjadi hambatan bagi seorang pelaku usaha untuk mendapatkan pinjaman. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan aplikasi pinjaman: 

A. Profil Usaha 

Ini mencangkup berbagai hal yang berkaitan dengan proses manajemen sebuah usaha tersebut. Pelaku usaha perlu mempertimbangkan secara matang apakah sebenarnya usaha yang dijalankan memang sudah waktunya untuk mendapatkan suntikan modal atau belum. Profil usaha yang baik tentu mempunyai peluang mendapatkan suntikan modal dalam bentuk pinjaman yang lebih besar.

B. Aliran Keuangan

Laba rugi penghasilan bruto serta skema pembayaran dari pengguna jasa atau transaksi yang terjadi menjadi salah satu prasyarat dasar lainnya sebelum mengajukan pinjaman modal. Kegagalan bayar yang memunculkan beberapa pengalaman tak sedap terkadang berawal dari aliran keuangan debitur yang masih belum lancar. 

Perhatikan aliran keuangan usaha sebelum mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan serta membedakan antara keuangan pribadi dan keuangan perusahaan adalah beberapa hal yang perlu mendapat perhatian di awal pengajuan pinjaman tambahan modal usaha. 
Baca Juga: Ingin Mendapatkan Dana Tunai untuk Usaha? Ketahui Lebih Lanjut Manfaatntya
 Dengan memperhatikan dua aspek diatas, maka keluhan yang berkaitan dengan fluktuasi suku bunga serta dokumen dan persyaratan pengajuan bukanlah sebuah momok yang perlu ditakuti saat mengajukan pinjaman.

Sebagai debitur yang baik, kita mesti berpatokan pada kemampuan bayar yang dimiliki. Untuk itu, dapatkan asupan informasi tentang pinjaman modal hanya dari sumber yang terpercaya. Salah satunya dengan mengakses portal informasi finansial CekAja.com.

CekAja.com adalah portal finansial yang menyediakan berbagai informasi produk finansial serta layanan keuangan terpercaya di Indonesia. Temukan informasi tentang pilihan dan pertimbangan serta cara akses pinjaman modal untuk kebutuhan usaha cukup dengan klik tautan di https://www.cekaja.com/small-business-banking/ sekarang juga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar